-->

Situs Pati Ayam Kudus

Situs purbakala Pati Ayam ini terletak di pegunungan Pati aam, dukuh Kancilan, desa Terban, kecamatan Jekulo, kabupaten Kudus. Memiliki lahan seluas 2.902,2 hektar yang masih merupakan bagian dari gunung Muria. 

Di tempat ini ditemukan sekitar 1500 fosil yang disimpan di rumah-rumah penduduk. Sebagian gading gajah disimpan di Museum Renggowarsito Semarang. Untuk menjaga serta merawat berbagai fosil yang ditemukan kemudian didirikan museum Purbakala Patiayam. Jalan yang harus ditempuh untuk sampai di situs ini tidak sulit karena lokasinya berada sekitar 500 meter dari Jalan Raya Kudus-Pati yang ditandai dengan gapura yang berbentuk gading gajah. Situs ini hanya berjarak 18 Km dari kota Kudus. Situs Pati Ayam merupakan situs terlengkap. 
Menurut berbagai penelitian yang dilakukan disini, ditemukan fosil manusia purba serta terdapat batuan-batuan yang berasal dari zaman Pleistosen yang mengandung fosil vertebrata dan manusia purba yang terendap di rawa dan sungai-sungai. Sejak tahun 2005, situs ini ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah. 

Dari berbagai fosil yang ditemukan, fosil gading gajah purba Stegodon trigonocephalus merupakan primadona dan menjadi ikon Patiayam. Bagi anda yang ingin berwisata sembari belajar sejarah, tempat ini cocok untuk dikunjungi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Situs Pati Ayam Kudus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel