-->

6 Lokasi Situs Bersejarah Yang Wajib di Kunjungi di Rembang

1. Makam Pahlawan Nasional RA Kartini Rembang
Siapa yang tak kenal dengan sosok RA Kartini ? RA. Kartini dikenal sebagai pahlawan emansipasi wanita, ia lahir di Desa Mayong kabupaten Jepara 21 April 1879 yang merupakan putri dari Raden Mas Adipati Aryo Samingun Sosroningrat, Bupati Jepara.

2. Museum Kamar Pengabdian RA Kartini Rembang
Museum Kamar Pengabdian RA Kartini terletak di desa Kutoharjo kecamatan Rembang, sekitar 300 m dari pusat kota Rembang. Museum ini menempati salah satu ruangan di Rumah Dinas Kepala Daerah Tk II Rembang. 

Di dalam museum tersebut terdapat benda-benda peninggalan Kartini yang sarat dengan sejarah seperti tulisan asli Kartini, lukisan RA Kartini, serta kamar pengabdian dimana ia pernah mengajarkan ilmunya kepada anak didiknya disana. Kamar tersebut masih berbentuk bangunan asli yang masih berada dalam satu lokasi, kurang lebih berjarak 150 m dari Museum. 

3. Pasujudan Sunan Bonang Rembang

Maulana Makdum Ibrahim atau yang lebih dikenal dengan Sunan Bonang adalah salah satu dari tokoh Walisongo yang menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Disalah satu perbukitan di tepi laut jalan pantura Rembang-Jawa Timur tepatnya di Desa Bonang, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang menjadi saksi sejarah persinggahan Sunan Bonang.

4. Patung Budha Tidur di Vihara Ratanavana Arama Lasem Rembang

Pernah mendengar patung Budha tidur di Thailand ? atau ingin melihat patung Budha tidur secara langsung ? tidak perlu jauh-jauh pergi ke Thailand, karena di Indonesia juga ada patung Budha tidur. Patung ini merupakan salah satu dari enam situs bersejarah yang terdapat di dalam Vihara Ratanavana Arama Lasem. 

5. Kelenteng Mak Co Lasem Rembang
sumber foto : titdtrimurtilasem.blogspot.co.id

Sesuai dengan julukannya bahwa dulunya Lasem adalah Tiongkok kecil, di Lasem masih terdapat bangunan-bangunan bergaya Tiongkok salah satunya yaitu Kelenteng Mak Co. Klenteng ini berada di tepi Sungai Karanggeneng, menghadap ke bekas pelabuhan Rembang di muara sungai yang sekarang berada di sisi barat Kawasan Bahari Terpadu. tepatnya berada di Desa Dasun Jalan Dasun No.9 Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang.

6. Menara Pantau Rembang

Rembang memiliki perjalanan sejarah yang penjang disetiap zamannya. Tidak heran kalau Rembang memiliki banyak peninggalan-peninggalan sejarah yang masih dapat dinikmati sampai hari ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Lokasi Situs Bersejarah Yang Wajib di Kunjungi di Rembang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel