-->

Museum Kretek Kudus

Kudus Kota Kretek adalah julukan yang sudah melekat selama bertahun-tahun pada kota ini. Hal itu tidak terlepas dari sejarah panjang perkembangan industri rokok di Kudus. Penasaran seperti apa sejarahnya ? datang saja ke Museum Kretek yang berlokasi di Jalan Getas Pejaten, Jati, Kudus. 

Tidak sulit mencari lokasinya karena anda akan dipandu dengan petunjuk lokasi yang ada di pinggiran jalan. Di lahan seluas 2 hektar ini anda akan menemukan sejarah kecil yang menjadi bagian dari kota Kudus. 

Museum ini didirikan pada tanggal 3 Oktober 1986 untuk menyimpan dokumentasi perkembangan rokok di tanah air khusunya di Kudus. Anda akan mendapati beberapa bangunan saat mulai memasuki area Museum. Di depan museum anda telah disambut oleh empat buah patung di tengah rerumputan hijau. Kemudian terdapat bangunan Rumah Adat Kudus yang terbuat dari kayu berkualitas super dengan sistem bongkar pasang, tidak menggunakan paku. Kemudian bangunan utamanya yaitu bangunan Museum yang terletak di tengah-tengah kawasan tersebut. 
Di dalam museum ini, anda akan mendapati bermacam-macam patung, duplikat alat-alat serta miniatur yang mengisahkan sejarah awal munculnya industri rokok di Kudus beserta tokohnya serta proses pembuatan rokok. Di sebuah etalase, dipamerkan pula perkembangan merk-merk rokok yang pernah beredar sampai yang sekarang masih dapat ditemukan di pasaran. Interior serta patung-patung yang terdapat di Museum merupakan hasil karya dari seniman-seniman Kudus sendiri. 

Fasilitas yang tersedia disini adalah kolam renang, mini bioskop serta taman yang luas lengkap dengan berbagai jenis permainan seperti ayunan, rumah pohon, dsb. Tempat ini kerap dikunjungi oleh pelajar mulai dari TK sampai mahasiswa. Untuk masuk di lokasi ini, anda hanya perlu membayar retribusi sebesar Rp. 3000.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Museum Kretek Kudus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel