-->

Sendang Sani Pati

Satu lagi objek wisata di Pati yang cukup melegenda dan patut dikunjungi. Adalah Sendang Sani, Sendang yang memiliki sejarah tersendiri dalam pembentukannya. Konon penamaan Sendang Sani ini sendiri masih ada kaitannya dengan cerita Sunan Kalijaga. Terjadi kontroversi sehubungan dengan tokoh sentral dari kisah ini. 

Menurut versi Pemkab Pati, tokoh utamanya bukan Sunan Kalijaga akan tetapi Sunan Bonang. Sendang (Jawa: mata air) dan Sani dari asal kata ‘sesani’ (Jawa: bekas) merupakan mata air yang terbentuk berkat karomah yang dimiliki Sunan Bonang. Pada saat itu, beliau beserta dua abdi atau muridnya tengah dalam perjalanan mengunjungi Sunan Muria dan membutuhkan air untuk berwudlu. Singkat cerita, murid beliau tidak bisa menemukan air disekitar daerah tersebut sampai akhirnya Sunan Bonang memerintahkan muridnya untuk menunggui sebuah pohon sedangkan beliau berada di balik semak-semak di tempat yang terpisah. 

Dari sekitar pohon tersebut tiba-tiba memunculkan sumber mata air, saking senangnya dengan apa yang ditemukannya, kedua abdi tersebut lupa dengan pesan Sunan Bonang untuk memberitahukan kejadian apa saja yang terjadi ketika Sunan Kalijaga berada dibalik semak-semak. Sunan Bonang merasa kecewa dan mengatakan bahwa mereka bertingkah seperti bulus, seketika itu mereka berubah menjadi bulus dan akhirnya Sunan Kalijaga tidak jadi berwudlu di air tersebut karena airnya telah kotor bekas kedua abdinya. Terlepas dari kontroversi mengenai legenda yang beredar, tempat ini tidak boleh terlewatkan untuk kamu kunjungi. Nah, pasti makin penasaran, ada apa saja sih disini ? 

Mari langsung meluncur menuju ke dukuh Sani, kelurahan Tamansari, kecamatan Tlogowungu, kabupaten Pati. Wisata ini memiliki sendang atau kolam air yang berdiameter kurang lebih 20 m dan di tepi sendang tersebut terdapat pohon beringin tua yang terkesan mistis. Anda dapat melihat bulus yang konon merupakan jelmaan abdi dari Sunan Bonang bila juru kunci mengijinkan. Anda juga bisa melihat pusaka berupa tongkat Sunan Bonang yang amsih disimpan di museum yang terletak di padepokan ini tentu saja dengan izin dari juru kunci. 

Jalan menuju tempat ini sangat mudah. Dari Stadion Joyokusumo, anda bisa lurus ke utara menuju Tlogowungu. Sekitar 2 kilometer kemudian anda akan menemukan papan nama bertuliskan Wisata Sendang Tirta Marta Sani di bagian kiri jalan. Anda belok saja ke kanan menuju desa Tamansari, sekitar 500 meter anda ikuti saja petunjuk jalan yang telah disediakan pengelola dan anda akan sampai di lokasi tujuan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sendang Sani Pati"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel