-->

4 Lokasi Wisata Religi di Kudus Jawa Tengah

1. Makam Sunan Kudus
blog.djarumbeasiswaplus.org
Kota Kudus tidak bisa dipisahkan dengan tokoh yang satu ini. Ya, Sunan Kudus atau raden Ja’far shadiq merupakan salah satu dari Walisongo, tokoh yang menyebarkan Islam di tanah Jawa khusunya di Kudus. 

Sunan Kudus sejatinya bukanlah asli penduduk kudus. Beliau lahir di Al-Quds negara Palestina. Kemudian bersama ayah, kakek dan kerabatnya berhijrah ke tanah Jawa. Sunan Kudus adalah salah satu tokoh dakwah yang berhasil menampakkan warisan budaya atau tanda dakwah islamiyahnya yang dikenal menggunakan pendekatan kultural yang begitu kuat. Hal itu nampak jelas pada bangunan peninggalan beliau yaitu Menara Kudus. Beliau populer sebagi seorang wali yang toleran, ahli ilmu, seniman dan tokoh yang kharismatik.

2. Makam Syaikh Khasan Sadzali
rabithahsyaikhpulausembilan.blogspot.co.id/
Siapa sebenarnya Syaikh Sadzali masih simpang siur. Ada yang berpendapat bahwa beliau adalah seorang wali, pendapat lain mengatakan beliau adalah guru dari Sunan Muria. Terlepas dari itu, Syaikh Khasan Sadzali telah menjadi sosok yang dimuliakan khusunya di daerah Kudus. 

3. Menara Kudus
Menara Kudus yang menjadi salah satu ikon kota Kudus dapat anda jadikan sebagi referensi wisata sejarah anda. Masjid Menara Kudus disebut juga masjid Al-Aqsa dan masjid Al-Manar merupakan bukti penyebaran serta perkembangan Islam di kota Kudus. Masjid ini dibangun pada tahun 1549 Masehi atau tahun 956 Hijriah oleh Sunan Kudus dengan menggunakan batu Baitul Maqdis dari Palestina sebagai batu pertama. Berlokasi di desa Kauman, kecamatan Kota, kabupaten Kudus, menjadikan masjid ini sangat mudah ditemukan. 

4. Sunan Muria Kudus
Makam Sunan Muria atau Raden Said merupakan salah satu objek utama yang banyak dituju para peziarah yang datang dari berbagai daerah. Sunan Muria adalah tokoh penting dalam menyebarkan agama Islam di Kudus khususnya di wilayah gunung Muria. Beliau juga termasuk dari anggota walisongo yang sukses menyebarkan ajaran Islam di Pulau Jawa.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Lokasi Wisata Religi di Kudus Jawa Tengah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel